Perbedaan Sportcar, Supercar, dan Hypercar

By | April 18, 2024
Spread the love

Bagi Anda para pecinta otomotif pasti sudah sering mendengar istilah dari sportcar, supercar atau hypercar bukan? Bagi orang awam, tiga istilah ini kurang lebih sama pengertiannya yakni mobil yang mahal, sporty, trendy, dengan desain yang mewah menawan, namun juga dengan harga yang selangit. Selain itu ketiga jenis mobil ini juga seringnya diidentikkan dengan para sosok ternama seperti aktor dan artis, influencer, musisi dunia hingga para atlet-atlet besar.

Nah, tapi ada loh perbedaan yang cukup signifikan diantaranya ketiga jenis mobil di atas yang kebanyakan orang awam memang banyak yang belum mengetahuinya. Bagi yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak mengenai sportcar, supercar dan juga hypercar ini bisa simak informasinya di bawah ini.

Pengertian dari apa itu Supercar, Sportcar dan Hypercar

Persamaan dari ketiga jenis mobil ini, baik itu supercar, sportcar atau hypercar adalah mereka adalah mobil kelas tinggi atau bisa dibilang mobil dengan spesifikasi yang sangat tinggi serta dijual juga dengan harga yang selangit pula alias sangat mahal.

Oleh karena itu sangat jarang yang bisa memiliki mobil-mobil ini serta menjadi salah satu mobil impian banyak orang. Apalagi beberapa tipe ada yang dijual secara limited edition alias jumlahnya terbatas jadi otomatis hanya segelintir orang saja yang bisa memilikinya ditambah lagi tidak semua mobil-mobil ini dijual bebas di banyak negara.

Nah, apa sih yang dimaksud dari supercar, sportcar, dan hypercar lalu mengapa banyak orang yang mengidolakan dan memimpikan mobil tersebut? Mari kita mulai dengan pengertiannya apa itu supercar, hypercar dan sportcar.

·         Supercar

Supercar adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah mobil yang memiliki performa tinggi dengan desain yang juga terlihat mewah. Supercar itu sendiri biasanya digunakan untuk mobil hiburan, koleksi, atau digunakan untuk mobil balap. Supercar ini bisa dibilang merupakan mobil dengan spesifikasi yang sangat tinggi, desain atraktif, serta dengan teknologi paling canggih.

Supercar itu sendiri biasanya tidak banyak dikeluarkan atau diproduksi oleh suatu produsen mobil. Bahkan beberapa mobil supercar hanya dikeluarkan dalam jumlah puluhan saja di seluruh dunia ini jadi cukup eksklusif karena unitnya pun terbatas.

·         Sportcar

Sportcar atau mobil olahraga digunakan untuk istilah mobil dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari mobil umum yang beredar di pasaran serta biasanya sportcar itu diproduksi khusus untuk hobi dan juga untuk koleksi. Spesifikasi dari sportcar juga sangat dipengaruhi dengan produsen dari mobil itu sendiri, sehingga spesifikasi dari sportcar yang satu dengan yang lainnya tentu bisa saja berbeda.

Biasanya spesifikasi dari sportcar itu berbeda dan bisa dibilang memiliki spesifikasi yang lebih di bawah dari supercar. Meski begitu tetap saja sportcar masuk ke dalam jajaran mobil “mewah” sehingga dari segi harganya pun otomatis tidaklah murah. Begitu juga untuk biaya servisnya dan pada umumnya biaya perawatan mobil-mobil mewah memang cenderung sangat mahal.

·         Hypercar

Sedangkan hypercar merujuk kepada sebuah mobil yang memiliki spesifikasi mesin paling tinggi, serta dilengkapi dengan teknologi yang paling canggih. Hypercar ini adalah sebuah mobil dengan performa yang sangat tinggi serta dengan harga yang selangit. Hypercar ini biasanya berupa sebuah mobil dengan mesin yang sangat kuat, sistem suspensi dan pengereman yang canggih, serta dengan desain yang atraktif.

Selain itu seperti yang dilansir dari https://Berdikarinews.id, hypercar hanya dibuat sedikit jumlahnya di dunia dan bisa jadi hanya ada puluhan. Karena itu memiliki model ini akan meningkatkan prestise bagi pemiliknya mengingat hanya ada beberapa hypercar saja yang ada di dunia. Oleh sebab itulah hanya para bangsawan, selebritas, dan para miliarder tertentu saja yang bisa memiliki hypercar.

Perbedaan Dari Supercar, Sportcar dan Hypercar

Ketiga jenis mobil ini merupakan jenis mobil yang sangat mahal dan punya spesifikasi yang sangat tinggi dengan teknologi yang paling canggih yang bisa ditawarkan oleh produsen mobil. Oleh karena itulah tidak sembarang orang yang memiliki mobil-mobil kelas supercar, hypercar, atau bahkan sportcar ini dan hanya ada beberapa orang saja.

Terutama untuk kelas hypercar dan supercar, produsen mobil yang terkemuka seperti Ferrari dan Lamborghini biasanya hanya akan mengeluarkan kelas supercar atau hypercar dengan jumlah yang sangat terbatas. Oleh sebab itu tidak sembarang orang yang bisa memiliki dan menyentuh mobil-mobil kelas ini.

Perbedaan utama dari sportcar, supercar dan hypercar ini terletak pada performa dan teknologi yang bisa digunakan di dalamnya. Performa dari supercar dan sportcar memiliki performa tinggi, namun jika dibandingkan dengan hypercar maka akan kalah cukup jauh.

Hypercar memiliki performa dan harga yang paling tinggi di antara ketiga jenisnya dan biasanya akan sangat mahal, serta dirilis tidak lebih dari puluhan jumlahnya di dunia ini. Sedangkan, untuk supercar atau sportcar biasanya digunakan untuk mobil balap, hiburan, atau sekedar hobi mobil mewah. Untuk hypercar, adalah sebuah mobil mewah dengan teknologi yang tinggi yang hanya bisa dimiliki segelintir orang saja.