Merawat Gadget agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Spread the love

Gadget memiliki peran sangat penting saat ini. Banyak hal dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat teknologi satu ini. Mulai dari kebutuhan komunikasi, dokumentasi, pembayaran serta banyak lagi lainnya. Kemajuan teknologi dan ketergantungan kita pada gadget memang telah menjadi hal yang penting.

Tentu akan menjadi keuntungan tersendiri jika kita bisa memiliki gadget yang performanya tetap bagus. Mengingat terkadang tak lagi tentang canggih atau update-nya suatu gadget yang membuatnya awet, namun tentang kecermatan kita dalam merawat gadget agar awet dan tidak mudah rusak.

Simak Cara Merawat Gadget agar Awet Bertahun-tahun

Bagi kalian yang ingin memiliki gadget untuk digunakan hingga bertahun-tahun, pada artikel ini kami akan membahas tentang cara merawat gadget agar awet dan tidak mudah rusak. Cara ini tak akan membuat kalian terlalu repot dan penting untuk dilakukan.

1.      Selalu Membersihkan Debu

Ini merupakan cara paling sederhana untuk merawat gadget yang berdampak cukup signifikan. Mungkin kita kerap tak menyadari bahwa gadget memiliki risiko tinggi untuk terpapar debu. Debu yang lama-lama mengendap ini dapat membuat gadget kita menjadi cepat panas.

Gadget yang cepat panas rawan terhadap kerusakan. Maka bersihkan debu di gadget kalian secara berkala ya. Gunakan microfiber atau kain untuk kacamata. Penggunaan tisu tak dianjurkan sebab seratnya dapat tertinggal pada gadget dan justru mengendap dengan debu.

2.      Menggunakan Charger Original

Cara merawat gadget satu ini sangatlah vital. Seperti diketahui bahwa penggunaan charger yang tak sesuai standar kualitas gadget bisa menimbulkan kerusakan. Oleh karena itu penggunaan charger original sangat direkomendasikan.

Terlalu sering menggunakan power bank juga tak baik untuk gadget. Power bank dengan fungsi untuk kondisi urgent memang seharusnya hanya digunakan ketika mendesak saja. Usahakan tetap charge gadget kalian dengan charger seharusnya yang original.

3.      Jangan Menggunakan Gadget di Tempat Panas

Faktanya rata-rata smartphone memiliki suhu normal antara 16-30° Celcius. Suhu tersebut merupakan suhu ideal untuk smartphone beroperasi. Maka salah satu cara merawat gadget agar awet adalah menghindari suhu panas di sekitar gadget.

Bila kalian termasuk orang yang banyak beraktivitas di luar ruangan, maka dapat meletakkan gadget di tas supaya tetap sejuk dan tak terpapar sinar matahari.

4.      Menghapus Aplikasi yang Tak Digunakan

Cek smartphone kalian, adakah aplikasi yang tak digunakan selama berbulan-bulan? Bila iya dan tampaknya kalian tak membutuhkannya maka hapus saja. Ini menjadi salah satu cara merawat gadget agar awet serta performanya tetap maksimal.

5.      Tidak Bermain Game Saat Gadget Dicharge

Banyak aplikasi game memakan RAM cukup besar. Bila kalian bermain game saat dicharge tentu akan memberatkan beban pada smartphone. Ini bisa merusak baterai smartphone dan mengurangi dayanya. Bermainlah saat baterai smartphone sudah penuh dan beristirahat saat dicharge.

6.      Membersihkan Cache

File temporer atau cache dari aplikasi ataupun browser smartphone kalian sebenarnya memiliki fungsi untuk mengingat perintah yang dilakukan agar tak perlu membuat aktivitas baru ketika kalian menjalankan perintah yang sebelumnya telah dilakukan. Akan tetapi cache terkadang menyimpan memory cukup banyak.

Bersihkan dan hapus cache pada aplikasi atau browser yang kalian gunakan. Umumnya cara ini ada pada manajemen aplikasi di menu setting smartphone. Dengan membersihkan cache maka gadget kalian tak lemot dan meminimalisir crash ketika membuka aplikasi.

7.      Update OS dan Aplikasi

Cek menu setting smartphone kalian dan cek update OS-nya. Jika kalian masih menggunakan OS yang belum update maka sebaiknya kalian mengupgrade OS yang digunakan. Hal ini termasuk cara merawat gadget agar awet sebab update pada sistem dan aplikasi bisa menjaga agar performa gadget tetap maksimal.

8.      Tak Memaksa Smartphone untuk Multi-tasking

Hampir semua smartphone sebenarnya dapat melakukan hal ini. Namun bila kalian terlalu banyak membuka aplikasi dan tak menutupnya dengan benar maka bisa membuat kinerja smartphone melambat.

Cara merawat gadget satu ini sebenarnya cukup mudah. Umumnya kalian bisa menekan tombol home pada smartphone dan lihat aplikasi yang belum ditutup sempurna. Berikutnya eliminasi beberapa aplikasi yang tak dibuka lagi supaya performa gadget kalian tak melambat.

9.      Tak Hanya Mengisi Daya Baterai Saat 0%

Faktanya mengisi daya baterai smartphone saat 0% bisa menimbulkan kerusakan daya baterai lho. Sebab saat kalian mengisi daya saat 0% tegangannya meningkat lebih besar hingga baterai tertekan. Idealnya baterai smartphone ada pada kapasitas 30-80% untuk kinerja optimal.

10.  Memakai Casing dan Screen Protector

Screen protector bisa melindungi layar smartphone kalian dari goresan, sedangkan casing bisa melindungi body smartphone dari risiko baret. Tentu kita tak pernah menyadari kecerobohan hingga gadget terjatuh ataupun tergores benda tajam.

Nah itu tadi cara merawat gadget agar awet dan tidak mudah rusak yang bisa kalian simak di BerdikariNews.ID. Semoga bermanfaat untuk kalian semua.