Pentingnya Kecocokan Hardware dan Software pada Komputer

Spread the love

Komponen komputer merupakan gabungan dari beragam komponen perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) serta perangkat keras yang mempunyai kemampuan untuk menjalankan suatu komputer dan saling berkaitan (brainware). Maka dari itu, perangkat komputasi bersinergi satu sama lain dan tak bisa berdiri sendiri.

Sebelumnya apakah kalian mengetahui siapa penemu komputer? Tiga orang penemu komputer adalah Charles Babbage, Alan Turing dan Ada Lovelace. Ketiganya merupakan orang-orang yang mempunyai kaitan erat pada pembuatan komputer dan memiliki peran penting hingga menjadi sejarah dari komputer.

Sistem Komponen Komputer

Komponen komputer mempunyai fungsi dan perannya masing-masing, hingga kalian bisa terhubung dan bekerja dengan masing-masing komponen agar komputer berfungsi secara optimal. Seperti halnya di rumah, komponen pada komputer selalu diperbarui mengingat kebutuhan akan komputer yang semakin beragam untuk mengakomodir para penggunanya.

Berbagai hal dapat kalian lakukan dengan perangkat komputer, seperti mengerjakan dokumen tugas, bermain game, edit video, menjalankan aplikasi Android, dan lain-lain. Komponen fisik membentuk sistem komputer yang terdiri dari tiga komponen utama.

Apakah kalian tahu tiga komponen tersebut? Bagian komputer mempunyai hardware, software dan brainware yang mempunyai fungsi serta fitur berbeda.

1.      Komponen Hardware (Perangkat Keras)

Hardware atau perangkat keras merupakan perangkat komputer yang bisa disentuh dengan kemampuan untuk menjalankan perangkat komputer. Komponen hardware pada sistem komputer dibagi ke dalam empat bagian yaitu input, output, pemrosesan serta penyimpanan.

  • Input Device

Input device merupakan perangkat yang memungkinkan para pengguna untuk memasukkan informasi dari beragam jenis perangkat input seperti keyboard, mouse, scanner dan lain-lain. Perangkat ini termasuk input sebab mempunyai kemampuan dalam memasukkan perintah (input) dari beragam jenis data dengan menggerakkan kursor, menekan tombol agar data dapat diolah menjadi informasi penting.

Input device digunakan untuk memasukkan data eksternal pada komputer dengan process device, di mana process device memproses informasi yang dibutuhkan. Fitur lain input device adalah bisa digunakan untuk memasukkan command. Berdasarkan fungsinya, input device dibagi menjadi 2.

  1. Input device langsung merupakan perangkat yang memasukkan serta memproses secara langsung tanpa memerlukan media tambahan seperti mouse, keyboard, pen dan scanner.
  2. Input device yang membutuhkan media tertentu sebelum diproses perangkat pemrosesan sebenarnya, seperti input device tak langsung, floppy disk, hard drive, dan lain-lain. Ada beragam jenis dari input device ini.
  • Process Device

Process device merupakan perangkat yang membantu proses beragam data dari input device. Contoh dari process device termasuk di antaranya CPU atau Central Processing Unit, motherboard, ROM, RAM dan hard drive.

  • Output Device

Output device atau perangkat keluaran merupakan perangkat yang mengeluarkan hasil pemrosesan data. Contoh dari output device di antaranya monitor komputer, speaker, headphone, printer serta webcam.

  • Storage Device

Storage device merupakan perangkat penyimpanan data yang diproses. Terdapat 2 jenis storage device yaitu internal storage dan external storage. Contoh internal storage antara lain SSD dan hard disk. Contoh external storage antara lain SSD dan hard disk eksternal, CD, DVD serta USB flash disk.

  • Peripheral Device

Peripheral device merupakan beberapa device tambahan pada komputer yang tak berpengaruh pada pengoperasian komputer. Beberapa peripheral device secara khusus bisa dikategorikan menjadi unit tambahan.

2.      Komponen Software (Perangkat Lunak)

Software atau perangkat lunak merupakan komponen yang tak terlihat atau tak berwujud. Jenis perangkat ini terdiri dari beragam program yang fungsinya mengolah data untuk dimasukkan dalam hardware (perangkat keras). Software ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu system software, software aplikasi dan software tambahan.

System software merupakan software yang berfungsi untuk mengelola seluruh komponen komputer. Komponen ini termasuk OS (sistem operasi) seperti Windows 7, Windows 10, Windows 11, Linux hingga macOS.

Software aplikasi merupakan seperangkat aplikasi yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mengerjakan suatu tugas. Software aplikasi merupakan program pelengkap pada komputer yang digunakan dalam pengolahan data. Beberapa di antaranya seperti web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome), Microsoft Office, berbagai jenis game, dan lain-lain.

Software tambahan merupakan seperangkat aplikasi yang bisa digunakan untuk tugas tertentu atau tambahan untuk melindungi hardware. Contoh software tambahan termasuk backup dan restore data, optimasi hard drive, server layar, dan lain-lain.

Ada beragam jenis software yang bisa digunakan untuk membuat dokumen, menghitung, merekam suara, mengolah kata, mengolah angka ataupun data tabel, mengolah gambar, pemrograman hingga game atau permainan.

3.      Komponen Brainware (Perangkat Otak)

Brainware atau perangkat otak merupakan orang yang menggunakan dan mengoperasikan suatu komputer. Brainware penting sebab komputer tak berguna tanpa perintah manusia. Intinya, brainware merupakan seseorang yang terlibat dalam kegiatan menggunakan komputer.

Contoh dari brainware antara lain programmer, system analyst, operator serta administrator. Brainware juga disebut sebagai user atau pengguna perangkat komputer atau orang yang mengoperasikan komputer. Terdapat empat tingkatan brainware yaitu.

  1. System Analyst

Tingkat di mana terlibat pada pemrosesan sistem komputer. Hal ini juga tergantung dari kebijakan yang ada, di mana administrator juga bisa bertindak sebagai verifikator di waktu yang bersamaan.

  1. Programmer

Seseorang yang memiliki tanggung jawab dalam membuat beragam program komputer yang digunakan oleh banyak orang. Sekarang ini kebutuhan akan programmer sangat besar karena adanya perkembangan teknologi yang semakin kompleks. Semakin banyak seorang programmer memenuhi kriteria, maka semakin banyak perusahaan yang memerlukan mereka.

  1. Operator

Seseorang yang memiliki tanggung jawab terhadap pemrosesan data pada komputer. Dalam memproses data, operator wajib mengikuti aturan yang ditentukan oleh programmer dalam penggunaan aplikasi.

  1. Desainer Grafis

Seseorang yang memiliki kemampuan di bidang desain grafis. Umumnya desainer grafis juga mempelajari bidang animasi visual. Tak hanya ada desain grafis, ada pula desainer video.

Secara umum, komputer terbagi menjadi tiga komponen penting yaitu komponen perangkat keras (hardware), komponen perangkat lunak (software) serta komponen perangkat keras yang mempunyai kemampuan untuk menjalankan suatu komputer dan saling berkaitan (brainware).

Masing-masing komponen ini mempunyai fitur serta fungsi yang berbeda. Hardware berperan sebagai perangkat keras pada komputer seperti keyboard dan monitor. Software berperan sebagai perangkat lunak pada komputer seperti sistem operasi dan berbagai program komputer. Bila salah satu dari ketiga komponen komputer tak berfungsi, maka komputer nantinya berhenti beroperasi.

Maka dari itu, sebagai brainware (perangkat otak) kita harus mampu dalam mengoperasikan komputer sesuai fungsi dan tugasnya masing-masing. Tak hanya itu, menjalankan komputer tanpa mengenal masing-masing komponen juga bisa memperbesar risiko kerusakan pada komputer.

Nah, bagi kalian yang mungkin masih bingung tentang komputer dan ingin mengetahui lebih dalam, maka kalian dapat mempelajarinya dengan mengakses beragam informasi seputar teknologi yang tersedia di Berdikarinews.id. Saat kalian memahami komputer dengan baik maka kalian pun akan lebih mudah dalam mengoperasikannya.