7 Dampak Internet Bagi Kehidupan Kita Sehari-hari

Spread the love

Internet tidak bisa dipungkiri merupakan salah satu inovasi teknologi yang paling berdampak dalam kehidupan manusia. Bahkan bisa dibilang merupakan salah satu penemuan paling penting di abad ke-21 ini. Sebab adanya internet ini mampu memberikan segudang manfaat, penggunaan, dan dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.

Sudah banyak juga penelitian yang mengkaji tentang dampak baik dan buruk dari teknologi internet. Nah, pada kesempatan kali ini mari kita kaji lagi tentang dampak dari internet untuk kehidupan kita sehari-hari.

Apa saja Dampak Internet Itu Bagi Kehidupan Sehari-hari?

Berikut ini adalah 7 dampak dari internet bagi kehidupan sehari-hari di mana dampak ini bersifat negatif maupun positif, bergantung dari konotasi serta penggunaan dari internet itu sendiri. Perlu Anda garis bawahi, internet adalah sebuah alat yang menyatukan, menghubungkan seluruh jaringan di seluruh dunia, sehingga berupa alat yang sangat influential bagi kehidupan kita setiap harinya.

1.      Penyebaran Informasi Lebih Cepat dan Luas

Penyebaran informasi menjadi lebih luas, cepat, dan memudahkan setiap orang untuk mendapatkan informasi kapan pun dan dimanapun. Informasi yang menyebar dengan cepat dan luas di seluruh dunia bisa menjadi satu dampak yang positif, namun juga bisa termasuk dampak yang negatif.

Ada berbagai macam informasi yang bisa tersebar di internet dengan cepat, mulai dari berita faktual, pengetahuan, hiburan, dan lain sebagainya.

2.      Komunikasi Jadi Jauh Lebih Mudah

Komunikasi kepada sesama menjadi lebih mudah, dan cepat, dimana internet memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain secara langsung menggunakan telepon, atau video call, atau sekedar chatting online, bahkan berkomunikasi dengan orang dari seluruh dunia.

Dengan adanya internet, kita bisa menghubungkan kembali keluarga, teman, serta kolega yang jauh, bahkan memungkinkan beberapa hal seperti work from home, dan lain sebagainya.

3.      Produktivitas Meningkat

Dengan adanya internet, memungkinkan setiap orang untuk bisa bekerja, komunikasi, serta berkolaborasi dengan sesama kolega dengan lebih efisien, serta dengan akses yang lebih mudah terhadap segala jenis informasi, dan sumber daya yang dibutuhkan.

Selain itu, internet juga memudahkan untuk efisiensi biaya, mengurangi biaya yang keluar dari perusahaan dengan servis internet. Semisalkan melalui cloud computing, aplikasi kolaboratif, dan cloud storage yang bisa memudahkan akses, serta mengurangi biaya yang keluar.

4.      Belanja Jadi Lebih Mudah

Sekarang setiap orang bisa belanja dengan lebih mudah dengan belanja secara online dan hadirnya e-commerce memudahkan untuk setiap orang bisa browsing dan berbelanja produk maupun layanan secara online tanpa perlu pergi ke pasar atau toko secara langsung.

5.      Online Education

Internet menjadi salah satu alat yang sangat penting untuk bisa mendukung pendidikan dan di era digital pendidikan sudah tidak bisa terpisahkan lagi oleh penggunaan internet. Mulai dari digunakan untuk media pembelajaran, belajar online sendiri, serta aplikasi yang bisa digunakan untuk belajar mandiri secara online.

Selain itu, ada pula aplikasi yang memungkinkan untuk pembelajaran dilakukan secara online seperti online tutorial, kursus online, serta penggunaan aplikasi seperti zoom dan Google Classroom untuk mengadakan kelas dan bimbingan.

6.      Penawaran Produk dan Jasa Jadi Lebih Luas

Internet memungkinkan untuk setiap sektor dan servis dari berbagai industri menawarkan jasa dan produk mereka secara lebih luas. Contohnya, sekarang setiap orang bisa mengakses layanan serta produk dari berbagai perusahaan dan bahkan tidak terbatas oleh negara saja.

Sekarang semua orang bisa mengakses layanan online dari seluruh dunia, menjangkau produk, perusahaan, dan menjangkau pasar yang baru dan lebih berpotensi. Efek ini bisa dimanfaatkan oleh berbagai produsen maupun konsumen serta keterbukaan pasar yang memungkinkan untuk mendapatkan potensi keuntungan yang lebih besar lagi.

7.      Media Sosial Kian Tumbuh Pesat

Internet memperkenalkan kita dengan sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Sosial media memudahkan setiap orang untuk berkenalan dengan orang lain, terhubung dengan kawan-kawan mereka, serta digunakan untuk berbagai hal seperti interaksi sosial, dan menyebarkan ide, pendapat, dan opini.

Media sosial sangat berpengaruh dalam kehidupan di era digital dan apa pun yang terjadi di media sosial bisa berpengaruh secara langsung di kehidupan nyata. Banyak orang yang bisa memanfaatkan media sosial dengan baik, memanfaatkannya menjadi wadah yang bisa menguntungkan, atau ada juga yang bisa jatuh oleh karena kesalahan mereka di media sosial.

Nah, itulah dia beberapa dampak dari internet. Internet merupakan alat yang bisa digunakan untuk menghubungkan setiap orang, dari seluruh Indonesia, dan seluruh dunia. Internet menghubungkan kita dengan informasi yang tak terbatas serta bisa digunakan untuk segala hal.

Karena itulah apa pun bisa Anda cari di internet, dan apa pun bisa Anda lakukan di internet. Sedikit peringatan, gunakanlah internet dengan bijak seperti halnya internet yang memudahkan kehidupan kita, internet juga bisa menjatuhkan kita.